Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

1 (Satu) Hubungan Internasional

Jumat, 20 Oktober 2023 | Oktober 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T00:52:26Z
mercusuar867 -  ketika wujud kekhalifahan masih mampu melaksanakan kekuasaan efektif untuk daerah yang luas, kemampuan itu hampir mendekati situasi kepada wujud konsep kekhalifahan Universal. 

Sehingga hubungan Internasional antara negeri Islam dan negeri bukan Islam terjadi dalam kerangka pandangan tentang adanya kawasan "negeri damai, " Yaitu negeri Islam (dar al-Islam) sendiri, kemudian kawasan "negeri perjanjian" (dar al ahd), dan akhirnya kawasan "negeri perang" (dar al-harb) yang boleh di serang dan fi taklukan,(Konsep ini tidak sepenuhnya khas Islam.

Sebab setiap bentuk kekuatan politik, dengan ciri hegemoni dunia, yaitu negeri imperial, maka langsung ataupun tidak langsung dan dalam berbagai bentuk dan nama, akan menganut konsep hubungan Internasional seperti diatas). 

Tetapi setelah Dunia Islam mengenal berbagai kesatuan politik yang terpisah satu sama lain, maka konsep-konsep Hubungan Internasional tersebut terus mengalami pelemahan. 

Bahkan ada Saatnya ketika Dinasti-dinasti IsIam dalam peringkat Internasional tidak tertandingi oleh negeri-negeri bukan muslim, justru Hubungan Internasional yang tumbuh malah ditandai dengan permusuhan yang pekat antara negeri-negeri Islam sendiri. 

Hal tersebut tampak dalam sikap saling bermusuhan antara tiga "Kemaharajaan Mesiu" (Gunpowder Empires), yaitu mogul di India, Shafawi di Iran, dan Utsmani di Turki. 

(Cukup menarik bahwa ketikanya adalah Kemaharajaan bukan Arab sendiri, selain terdiri dari kesatuan-kesatuan politik yang kecil-kecil dan terpisah-pisah, juga karena sebagian "dijajah" Oleh Shafawi dan sebagian oleh Utsmani. 

Bersambung.... 

Sumber: Ensiklopedi Nurcholish Madjid
By: Budhi Munawar Rachman
Penyadur: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update