Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

37 (Tiga Puluh Tujuh) Dinasti Timurid: Penguasa Mongol Islam di Persia

Minggu, 22 Oktober 2023 | Oktober 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-22T23:34:25Z
mercusuar867 -  Meski terkenal sebagai penguasa yang kejam terhadap lawan-lawannya, tetapi Timur Lenk telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan Peradaban Islam. 

Timur Lenk dikenal sebagai seorang tokoh yang memiliki perhatian besar terhadap penyebaran agama Islam. 

Oleh sebab itu, tidak sedikit kelompok masyarakat Islam, Ulama, dan Pemimpin tarekat yang memiliki pengaruh luas di kalangan Umat Islam ketika itu, memberikan dukungan kepada Timur Lenk. 

Mereka terlibat dalam pemerintahan Timur Lenk, baik sebagai hakim, diplomat, maupun tutor para bangsawan kerajaan. 

Beberapa diantaranya mereka bahkan sering mendampingi Timur Lenk sebagai penasehat dalam beberapa ekspedisi militer dan penaklukannya. 

Sumbangsih terbesar Timur Lenk bagi peradaban manusia adalah perhatiannya yang besar terhadap kemajuan perdagangan dan Industri dengan menjamin keamanan perjalanan, membangun pos-pos peristirahatan, dan membuka rute perdagangan baru.


Misalnya antara India dan Iran Timur. Selain itu  dia juga memperlancar jalur-jalur perdagangan yang sebelumnya sudah ada. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika samarkand ketika itu menjadi kota perdagangan internasional. 

Dalam bidang kesenian dan arsitektur  Timur Lenk dikenal sebagai penguasa yang pernah memberikan perlindungan bagi ratusan Seniman dan arsitek. 

Oleh seban itu, banyak bangunan dengan arsitektur yang sudah berdiri di Samarkand. Selain itu, kemajuan di bidang seni lukis dan kaligrafi merupakan fakta sejarah yang menunjukkan berapa besar kontribusi Timur Lenk dalam bidang tersebut. 


Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update