Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

39 (Tiga Puluh Sembilan) Dinasti Timurid: Penguasa Mongol Islam di Persia

Selasa, 24 Oktober 2023 | Oktober 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-25T02:44:52Z
mercusuar867 -  Di bawah Syahrukh, Dinasti Timurid mengalami kemajuan yang pesat. Selama kurun 42 tahun kekuasaannya, Syahrukh tidak saja berhasil menghindarkan Dinasti Timurid dari perpecahan dan kebangkrutan, tetapi juga berhasil meletakkan dasar pengembangan perikehidupan bernegara dan bermasyarakat. 

Kota Herat, pusat Pemerintahan, telah berkembang menjadi pusat peradaban Islam. Di kota ini, Ulama, Seniman, dan pedagang berdatangan untuk mendapatkan perlindungan sehingga baik kegiatan Ilmiah maupun ekonomi berkembang dengan pesat. 

Syahrukh juga membangun perpustakaan besar untuk mendorong di bidang keilmuan. Padepokan tarekat dan kganqah (Pesantren) didirikannya sejalan dengan perkembangan aliran tarekat yang semakin menjamur. 

Syahrukh memberikan dukungan penuh kepada Nidamuddin Syami, Syarafuddin, Ali Yazdi, Fasihi, And ar Razzaq, dan Samarqandi untuk menulis karya monumental di bidang gegrafi. 

Sementara dengan Kerajaan tetangga, Syahrukh menjalin hubungan kerja sama yang baik. Pertukaran duta besar dilakukannya dengan Kekaisaran Cina dan beberapa Dinasti di India. Mereka mengirimkan duta besarnya ke Herat sebagai tanda pengakuan terhadap kepemimpinan Syahrukh. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update