Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HMI, KAHMI, dan ICMI... 1 (Satu)

Jumat, 27 Oktober 2023 | Oktober 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T02:30:10Z
mercusuar867 - Sebagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, HMI dalam perkembangan sekarang ini setelah hadir selama hampir setengah abad adalah sangat beruntung. 

Ia kini memiliki lingkungan atau "Environmental" Yang tangguh sekaligus kondusif bagi perjuangan mengemban misinya. 

Ini terlihat pada lingkungan HMI yang bersifat horizontal berupa suasana umum "kebangkitan" Islam di negeri kita, dan yang bersifat vertikal, berupa pertumbuhannya sendiri "ke atas" Melalui para alumninya. 

Sebab, alumni HMI jika kita kembalikan pada bunyi konstitusi himpunan tidak lain adalah wujud nyata sumber daya manusia yang di cita-citakan HMI, yaitu "Insan akademis pencipta dan pengabdi yang bernafaskan Islam." 

Masalah apakah setiap alumnus HMI adalah orang insan akademis, rasanya tidaklah terlalu prinsipal. Demikian pula apakah dia adalah seorang yang berdaya cipta atau kreatif, kiranya juga tidaklah terlalu sentral. 

Tetapi, apakah seorang alumnus HMI adalah seorang pengabdi, dalam arti membangkitakan hidupnya untuk masyarakat, dan tidak untuk diri sendiri semata secara egoistis, sungguh sangat penting. 

Sebab pengabdian seperti itu, apalagi dalam kaitannya dengan "napas Islam", adalah sikap peribadatan yang saleh, demi mencapai ridha Allah. 

Karena itu, perkataan  "pengabdi" mengandung makna tpilnya sosok kesadaran dengan kesadaran etis dan moral atau al-akhlak al-karimah. Inilah yang  "fardhu 'ayn",  yang mesti ada pada setiap individu Alumni HMI. 

Bersambung..... 

Sumber: Ensiklopedi Nurcholish Madjid
Foto: beraninews.com
Penyadur: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update