Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HMI, KAHMI, dan ICMI... 2 (Dua)

Sabtu, 28 Oktober 2023 | Oktober 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-29T02:43:04Z
mercusuar867 - Tanpa adanya al-Akhlaq al-Karimah itu seorang alumnus HMI dianggap gagal dalam mewujudkan tujua himpunan. Secara moral dan etis dia sudah berada diluar lingkaran HMI. 

Ini disebutkan sebagai peringatan bahwa kita wajib terus menerus menjaga integritas HMI, baik berkenaan dengan mereka yang masih menjadi anggota, maupun lebih-lebih lagi terhadap mereka yang sudah menjadi Alumni. Karena alumni merupakan wujud nyata sumber daya manusia yang di cita-citakan HMI

Oleh karena itu HMI (termasuk para alumninya), tetap harus memiliki jiwa independen yang tegar dan konsisten, bermoral, dan etis. 

Sama dengan semua orang, para alumni HMI berhak didengar suara dan pendapatnya. Tetapi, juga sama terhadap semua orang, tidak semua yang didengar dari alumni mesti secara serta merta di Terima dan di taati. 

Selamanya tetap diperlukan sikap-sikap kritis "yang membangun", dengan adil, jujur, dan berakhlak, yang bahkan menurut Al-Qur'an biarpun mengenai diri sendiri dan para kerabat (Q., 4: 135) 

Dalam interaksi sosial inilah, juga dalam interaksi sosial yang lebih luas, HMI harus mempertahankan milik dan kehormatannya yang paling berharga, yaitu independensi. 

Dan independensi itu tidak lain ialah hak bebas untuk memutuskan "the right to decide", meskipun proses menuju kepada keputusan itu harus melibatkan pengumpulan dan penggalangan informasi Seluas-luasnya. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update