Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KH. Abbas Buntet Cirebon (1879-1946) Kiai Sufi Pejuang Negeri. 6 (Enam)

Sabtu, 21 Oktober 2023 | Oktober 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-22T05:29:44Z
Pejuang Revolusi
mercusuar867 - Kiai Abbas Buntet merupakan murid dari Ulama Nusantara yang menjadi penyambung sanad para Kiai: Kiai Nawawi al-Bantani dan Syech Machfud at-Tirmasi. 

Selain Kiai Nawawi, ada beberapa murid lain yang juga menjadi Kiai-kiai penting di Jawa, sebagai Jaringan penggerak Nahdlatul Ulama. Di antaranya: 

Kiai Wahab Chasbullah, Kiai Muhammad Bakri bin Nur, Kiai Asnawi kudus, Kiai Muammar bin Baidlowi Lasem, Kiai Ma'shum bin Muhammad Lasem, Haji Ilyas (Serang), Tubagus Muhammad Asnawi dan Abdul Ghaffar dari Caringin. 

Kiai Abbas adalah sosok pejuang yang mencintai tanah air, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau menggembleng santri agar semangat memperjuangkan agama dan negara

Bahkan, pesantren buntet juga menjadi markas latihan Hizbullah, Sabilillah, dan pasukan PETA. Kiai Abbas juga membentuk dua regu laskar santri, yang dinamakan Asybal dan Athfal. 

Dikisahkan, dalam pertempuran 10 November 1945, Kiai Abbas menggegam pasir yang ditaburkan kearah musuh. Aksi ini membuat musuh kocar kacir, karena seakan-akan pasir yang ditaburkan menjadi meriam dan bom yang menghancurkan. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update