Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masjidil Haram Al-Aqsha di Palestina dan Masjid al-Aqsha di Tanah Papua

Sabtu, 14 Oktober 2023 | Oktober 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-14T11:14:27Z
mercusuar867 - Dalam ajaran Islam ada tiga unit masjid di muka bumi yang disebut Masjidil Haram, yaitu Masjidil Haram di kota Makkah, Masjidil Aqsha di Yerusalem dan Masjid Nabawi di Madinah. Ketiganya dalam klasifikasi Masjid Global yang mempunyai keistimewaan, bila dibandingkan dengan masjid lainnya di pelbagai negara.

Masjid al-Aqsha disebutkan dalam kitab suci al-Quran dalam kisah isra mikraj Rasul Global Nabi Muhammad SAW sebelum beliau hijrah dari kota Makkah ke Yastrib (Madinah). Dalam sejarah kedua masjid tersebut keduanya masjid yang tertua di muka bumi yang dibangun para Rasulullah

Atas dasar kisah Nabi Muhammad SAW yang terbang ke langit bersama Jibril sampai ke Sidratul Muntaha (terminal akhir) dan disitu beliau mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT tentang kewajiban Salat Lima Waktu sebagai kunci masuk surga bagi umat Islam. Hal tersebut melahirkan opini di kalangan orientalis, bahwa Masjid al-Aqsha adalah Pintu Akbar menuju alam surgawi.
Karib kerabat kita di Bandung Tn Chairil Anwar termasuk salah seorang dari ribuan muslim Indonesia yang beruntung. Beliau pernah berkunjung ke Baitul maqdis di Palestina, sehingga beliau melihat dengan mata kepala sendiri Profil Masjid al-Aqsha tersebut. Kita baru sebatas nawaitu yang belum terwujudkan.

Namun demikian merasa terobati, kita hanya sempat melakukan salat di Masjid al-Aqsha di Tanah Papua, yaitu Masjid Raya al-Aqsha di kota Rusa Merauke Papua Selatan, Masjid Raya al-Aqsha di dekat Bandara Sentani Jayapura Papua dan Masjid al-Aqsha di Lembah Baliem Walesi Wamena Jayawijaya Papua Pegunungan.
Dalam sejarah Masjidil Haram al-Aqsha di Palestina tercatat beberapa kali dilakukan renovasi, karena hancur lebur akibat beberapa macam sebab musabab. Dalam hal renovasi masjid tersebut pernah dilakukan Nabi Sulaiman putra Nabi Dawud Alaihuma Salam. Adapun status Masjid al-Aqsha ini adalah tempat suci umat agama Yahudi, Nasrani dan Islam.

Sekarang timbul kekhawatiran dari umat Islam di seluruh dunia dan umat yang lainnya dalam kasus pertikaian tanpa akhir antara negara Israel dan Palestina, yaitu kemungkinan terjadi kasus rudal Israel yang salah sasaran tembak yang kemudian menghancurkan bangunan Baitul Maqdis tempat suci tiga umat beragama tersebut.. Afwan Wallahu aklam.

Sabtu, 14 Oktober 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update