Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pada Malam Berdarah itu, Dr Al-Faruqi Masih Bersama Fatimah dan Saleh Yapaar

Kamis, 26 Oktober 2023 | Oktober 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-27T01:04:41Z


mercususr867 - 
Hingga Pukul 23;30 pada malam berdarah itu, Dr Al-Faruqi masih bersama Fatimah dan Saleh Yapaar, sepasang Mahasiswa Malaysia yang masih mengerjakan tesis doktor mereka di bawah bimbingan beliau.  

"Kami tidak tahu bahwa itulah malam terakhir kami bertemu dengan Al-Faruqi," Ucap mereka. "Tesis saya mengenai seni Islam," Sambung Saleh, merupakan bahan pembicaraan kami. 

Saya mengulangi kembali ide-ide Al-Faruqi tentang seni Islam -- bahwa dalam seni Islam apa yang tidak di ekspresikan adalah alam, kondisi manusia; dan apa yang di ekspresikan adalah transenden Allah. Karena itu dalam menciptakan karyanya, seorang seniman muslim tidak seharusnya bersikap sombong. 

"Menurut Al-Faruqi, bila seseorang mengapresiasi sebuah karya seni, misalnya karpet atau kaligrafi, apresiasi ini tidak dibatasi oleh wujud karya seni itu semata,  tetapi bergerak terus menerus sampai ketakterbatasan. 

Begitu juga dengan karya sastra. Seperti biasa, Al-Faruqi bersikap empati --- dengan membuat kami merasa dekat dengannya. Kemudian, tiba-tiba dia menghentikan kuliahnya dan berkata, 'saya mengatakan semua ini kepada Anda karena Anda akan segera kembali ke negara Anda. 

Anda akan menyerang tulisan Sekuler di Malaysia. Serang lah mereka dengan sungguh-dungguh dan langsung dengan mengatakan: "Anda neniru barat tetapi Anda lebih buruk dari pada model Anda, karena anda membuat tiruan yang sangat buruk. 

Al-Fatikha..... 
×
Berita Terbaru Update