Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Putri Dramawan Terkenal, Henrik Ibsen, yang Memilih Islam Secara Sadar: Lois Lamya Al-Faruqi

Selasa, 31 Oktober 2023 | Oktober 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-01T01:54:34Z
mercusuar867 - "Seperti sudah ditakdirkan," begitu awal tulisan Azyumardi Azra panjimas (Agustus 1987) dari New York, "gadis barat ini harus menjadi teman sehidup dan benar-benar semati dari seorang pemuda cerdas dari belahan timur, Palestina. 

Lois Ibsen belakangan terkenal sebagai Lamya Al-Faruqi istri tercinta Dr Ismail Raji Al-Faruqi itu, menjadi representasi Muslimah, yang memadukan fungsi ibu dan wanita karir yang sukses. Visi keislamannya tentang budaya dan posisi sosial wanita, perlu dipertimbangkan."

Lois Ibsen lahir di Montana, Amerika Serikat, 25 Juli 1926. Ia adalah keturunan langsung dramawan terkenal Henrik Ibsen. 

Dua puluh lima tahun kemudian, tak dinyana, ia menjadi istri Dr. Isma'il Raji Al-Faruqi, sarjana muslim terkemuka, yang lahir dibelahan dunia lain, Palestina. 

Mengambil nama "Lamya" setelah masuk IsIam, ia bukan hanya menjadi pasangan yang kukuh bagi Isna'il Raji Al-Faruqi, tetapi juga "teman" semati, ketika keduanya wafat terbunuh di rumahnya. 

Lamya, profil wanita asli Amerika, dengan penuh kesadaran memilih Islam sebagai jalan hidup, cita-cita, dan perjuangannya. Ini suatu perjuangan yang tidak mudah, karena mencakup perubahan keimanan, pandangan hidup, kebiasaan sehari-hari, dan sebagainya. 

Ia berhadapan dengan situasi lingkungan tidak Islami yang menekan. Ia menggapai-gapai dalam upaya mewujudkan identitas keislamannya. "Apakah kita bisa hidup benar-benar secara Islami di Amerika Serikat, " bisiknya suatu kali. Perlahan tapi pasti, Lamya kemudian tampil dengan sosok identitas muslimah yang terpuji. 

Bersambung..... 

Sumber: Atlas Budaya Islam

Penyadur: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update