Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Suami Istri yang Bersama-sama Mewariskan Kekayaan Intelektual Islam Tiada Tara

Rabu, 25 Oktober 2023 | Oktober 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-26T02:25:26Z
mercusuar867 -  Tujuh belas Ramadhan 1406/1986. Subuh dini hari menjelang sahur, tiga orang tak dikenal menyelinap masuk kedalam rumah suami istri Isma'il Raji dan Lois Lamya Al-Faruqi di wilayah Cheltenham, Philadelphia. 

Dengan kejam, suami istri Al-Faruqi, keduanya guru besar studi-studi Islam pada Universitas Temple, dibunuh oleh orang-orang tak dikenal itu dan wafat seketika. 

Isma'il R. Al-Faruqi ditikam dan disayat lebih dari tiga belas kali. Dua diantaranya, yang membuatnya wafat seketika, mengenai jantungnya. Begitu juga dengan Lamya: ditusuk delapan kali, dua diantaranya mengenai dadanya. 

Kaum Muslimin di seluruh dunia, terutama di AS, benar-benar kehilangan dua orang sarjana, pemikir, dan pemimpin yang tak kenal lelah mendakwahkan Islam sepanjang hayat mereka. 

Mereka yang menghadiri pemakaman Al-Faruqi pada hari Jumat bulan Ramadhan itu praktis mewakili seluruh komunitas di dunia: dari Asia, Eropa, Afrika, Amerika, - hitam maupun putih. Semuanya hanyut dalam doa yang dipanjatkan bagi keduanya. 

Suami istri Al-Faruqi sepenuhnya berhak atas segala hormat dan doa itu. Bagi para kolega dan kerabat, kedua insan tersebut lebih dari sekedar pasangan ilmuwan yang hangat dan menyenangkan. 

Semasa hidup, keduanya adalah "orang tua" bagi kaum Muslim di Amerika. Tapi maut menjemput mereka secara amat tragis. Keduanya bukan saja dibunuh, tetapi dibunuh dengan amat keji. 

Sumber: Atlas Budaya Islam
Foto: Panjimasyarakat.com
Penyadur: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update