Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

45 (Empat Puluh Lima) Dinasti Timurid: Penguasa Mongol Islam di Persia

Rabu, 01 November 2023 | November 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-01T23:12:48Z
mercusuar867 -  Seperti halnya di Samarkand, Dinasti Timurid yang berkuasa di Khurasan dan Persia juga mengalami perkembangan yang cukup berarti. 


Dibawah kekuasaan Hesein Bayqara, yang memerintah dari tahun 1470-1506 M, Berat yang ketika itu menjadi ibu kota pemerintahan berkembang berkembang menjadi pusat kebudayaan Islam. 

Kesusastraan, terutama sastra Turki, memperoleh kesempatan yang luas untuk berkembang. Kemajuan sastra ketika itu dipelopori oleh Wazir Mir Ali Syir Nava'i dan al-Jami. 

Sedangkan ilmu pengetahuan dengan berbagai cabangnya turut pula mengalami kemajuan. Diantara bidang ilmu yang paling menonjol ketika itu adalah seni lukis dan kaligrafi. 

Melalui Karya-karya Bihzad dan Syah Mudaffar, Dinasti Timurid menawarkan tren baru dibidang seni lukis yang kemudian disebut sebagai Mazhab Bihzad. 

Mazhab ini menawarkan harmoni lukisan pada totalitas dengan variasi bidang yang mencolok dan penggunaan warna yang tajam serta rumit. 

Namun, gelombang serangan yang dilakukan oleh Syaibani, setelah menaklukkan Samarkand, mengakhiri kegemilangan Timurid di Khurasan dan Persia. 

Pengganti Husein Baiqara, Jadi az-Zaman, takluk di tangan pasukan Syaibani. Dia melarikan diri ke Konstantinopel dan meninggal dunia disana pada tahun 1517 M. 

Habis..... 
×
Berita Terbaru Update