Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

47 (Empat Puluh Tujuh) ... Dinasti Safawi : Kerajaan Islam Pertama Bangsa Persia

Jumat, 03 November 2023 | November 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-03T23:22:07Z
mercusuar 867 -  Syeh Saifuddin menikahi putri gurunya, dan setelah gurunya meninggal dunia dia menggantikan kedudukan Sang guru. 

Syeh Saifuddin menjadi guru tarekat Safawiyah yang berpusat di Ardabil. Dia dikenal sebagai seorang Sufi yang besar dan dianggap keramat oleh para pengikutnya. 

Dibawah kepemimpinannya, tarekat ini berkembang menjadi gerakan keagamaan yang berpengaruh di Persia, Suriah, dan Anatolia, dan bahkan kemudian menjadi gerakan politik. 

Gerakan inilah yang melahirkan Dinasti Safawi, yang berkuasa di Persia selama beberapa abad. 

Menurut beberapa ahli sejarah, seperti Husen Muins, gerakan Safawiyah dapat dibedakan menjadi dua fase, yaitu fase tarekat dan fase Politik. 

Pada fase tarekat, gerakan Safawiyah mempunyai dua corak, yaitu corak Sunni pada masa kepemimpinan Saifuddin dan Sadruddin Musa bin Saifuddin; dan corak Syiah pada masa kepemimpinan cucu Safiuddin; Khawaja Ali dan Ibrahim. Pada fase gerakan politik, gerakan Safawiyah berubah menjadi gerakan yang ingin membentuk pemerintahan sendiri. 

Perubahan gerakan tarekat Safawiyah menjadi gerakan politik terjadi pada masa kepemimpinan Junaid bin Ibrahim. 

Pada saat itu, ada dua Dinasti yang berasal dari bangsa Turki yang berkuasa di Persia, yaitu Dinasti Kara Koyunlu yang dikenal dengan  Black Sheep (Domba Hitam), beraliran Syiah dan berkuasa di bagian Timur -- dan Dinasti AK Koyunlu -- yang dikenal dengan White Sheep (Domba Putih), beraliran Sunni, dan berkuasa di sebelah Barat. 

Bersambung..... 

×
Berita Terbaru Update