Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

51 (Lima Puluh Satu) Isma'il Safawi: Pendiri Dinasti Safawi

Selasa, 07 November 2023 | November 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-07T22:25:25Z
mercusuar867 -  Dalam peperangan ini Isma'il keluar sebagai pemenang dan berhasil menguasai Khurasan, Herat, dan Merv. Dalam sepuluh tahun itu, kekuasaan Isma'il meliputi seluruh Persia dan bagian Timur bulan Sabit Subur (fortile Crescent), yaitu sebuah wilayah yang membentang dari laut Tengah hingga ke teluk Persia, melewati sungai Tigris dan Sungai Eufrat. 

Keberhasilannya dalam pertempuran-pertempuran itu mendorong Isma'il untuk terus melakukan ekspansi ke daerah yang lebih luas. Pada tahun 1514 M, Pasukannya bertemu dengan Sultan Salim dari Dinasti Turki Utsmani. 

Kedua terlibat dalam pertempuran sengit. Peperangan ini dilatar belakangi oleh perbedaan faham antara keduanya; Sultan Salim penganut Sunni, sementara Isma'il penganut Syiah. 

Pasukan Sultan Salim bergerak menuju Azerbaijan dan Persia Barat. mereka berhasil mengalahkan pasukan Isma'il dalam sebuah perang besar di Chaldiran  dekat Tabriz pada tanggal 6 September 1514 M. 

Namun, Dinasti Safawi akhirnya selamat dari kehancuran. Sebab Sultan Salim memutuskan kembali ke Turki karena terjadi perpecahan di antara para pemimpin militernya. 

Kekalahan tersebut membuat Dinasti Isma'il menjadi berubah. Dia lebih senang menyendiri dan menghabiskan waktu dengan berburu. Isma'il meninggal dunia pada tahun 1524 M dan digantikan oleh anaknya Tahmasp I. 

Bersambung...., 
×
Berita Terbaru Update