Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

52 (Lima Puluh Dua) Isma'il Safawi: Pendiri Dinasti Safawi

Rabu, 08 November 2023 | November 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-09T03:09:41Z
Kemajuan Dinasti Safawi
mercusuar867 - Dinasti Safawi turut berjasa memajukan ilmu Pengetahuan. Beberapa Ilmuwan yang terkenal pada masa itu antara lain Baha'uddin, Syairazi, seorang generalis ilmu pengetahuan; dan Muhammad Baqir bin Muhammad Damad, seorang Filsuf ahli sejarah, teolog, dan saintis yang pernah mengadakan observasi mengenai kehidupan lebah. 

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa dalam bidang ilmu pengetahuan dan sains, Dinasti Safawi lebih maju dari Kerajaan lainnya pada masa yang sama. 

Dalam bidang Ekonomi, stabilitas politik Dinasti Safawi pada masa Abbas I telah memacu perkembangan perekonomian. 

Terlebih setelah kepulauan Hormuz dikuasai dan pelabuhan Gumrun diubah menjadi bandar Abbas.  

Dengan dikuasainya Bandar ini, maka salah satu jalur dagang laut antara Timur dan Barat, yang bisa di perebutkan oleh Belanda, Inggris, dan prancis, sepenuhnya menjadi milik Dinasti Safawi. 

Selain di bidang perdagangan, Dinasti Safawi juga mengalami kemajuan di sektor pertanian, terutama di daerah bulan Sabit Subur. 

Di bidang arsitektur, penguasa Dinasti Safawi berhasil menciptakan Isfahan, Ibu kota kerajaan, menjadi kota yang sangat indah. 

Di kota ini berdiri bangunan-bangunan besar dengan arsitektur bernilai tinggi dan indah, seperti masjid  rumah sakit, sekolah, jembatan Raksasa diatas Zenda Rud, dan Istana Chihil Sutun. 

Di bidang kesenian,  Dinasti Safawi juga mengalami kemajuan yang sangat pesat, antara lain seni kerajinan tangan, keramik  karpet, permadani, pakaian, tenun, dan tembikar. 

Seni lukis mulai dirintis pada masa Tahmasp I. Menurut catatan Isma'il I pada tahun 1522 M, membawa seorang pelukis Timur bernama Bizhad ke Tabriz. 
×
Berita Terbaru Update