Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

55 (Lima Puluh Lima) Dinasti Qajar dan Awal Pembangunan Orang Modern.

Selasa, 14 November 2023 | November 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-14T23:26:08Z
mercusuar 867 - Sampai 1779 M, Aga Muhammad Khan menjadi penguasa de facto atas hampir seluruh wilayah Persia. Namun demikian, dia menolak untuk memakai mahkota Raja karena belum seluruh wilayah Persia dapat dikuasainya. 
Setelah memindahkan ibu kota kerajaan ke Teheran, Aga Muhammad Khan memimpin pasukannya untuk mengadakan penaklukan ke wilayah utara, yaitu daerah-daerah sekitar Laut Kaspiah. Pada tahun 1797 M, Aga Muhammad Khan berhasil menguasai seluruh daratan Persia, termasuk Georgia. 

Pada masa kekuasaannya Aga Muhammad Khan, model kepemimpinan negara didasarkan kepada adat istiadat kesukuan, dengan melibatkan secara langsung pemimpin negara untuk membangun jaringan antar suku, mengadakan  kerjasama antara mereka guna memerangi suka lain yang menjadi rivalnya, sekaligus memperkuat kekuasaannya sendiri. 

Aga Muhammad Khan digantikan oleh keponakannya, Fath Ali Syah (1797-1834 M), Dinasti Qajar mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dia mengganti tradisi kesukuan dengan mengembangkan birokrasi negara pada seluruh level pemerintahan, dengan Teheran sebagai pusat kekuasaannya. 

Selain itu, dia juga membangun angkatan bersenjata yang permanen dan memberlakukan tradisi kerajaan sebagaimana dipakai oleh Kerajaan Persia kuno. 

Bersambung. 




×
Berita Terbaru Update