Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

59 (Lima Puluh Sembilan) Membawa Kembali Cinta Allah dan Rasulnya Pada Setiap Hati Manusia

Kamis, 02 November 2023 | November 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-02T13:43:05Z
mercusuar 867 -  Salah satu pesan cinta dalam lafal basmalah terdapat pada ungkapan yang menyatakan akan sifat kasih sayang Allah Swt, yaitu dalam ungkapan ar-Rahman dan ar-Rahim. 

Dua ungkapan tersebut merupakan dua diantara 99 ama 'Allah yang terangkum dalam Asmaul Husna. Bahkan, kedua nama ini secara berurutan berada pada bagian awal yang menurut sebagian Ulama menunjukkan posisinya sebagai induk dari semua sifat Alloh Swt yang lain. 

Artinya, semua sifat Alloh Yang 97 lainnya semuanya terangkum dalam dua sifat Nya ini. Itulah sebabnya kenapa kita diperintahkan membaca kedua asma' ini, yang keduanya terangkum pada lafal basmalah. 

Dalam menafsirkan dua asma' tersebut, Ibnu Katsir menyatakan bahwa ar-Rahman dan ar-Rahim mengandung pengertian sebagai rasa pengertian yang bersemayam dalam hati yang dimunculkan oleh orang yang memilikinya dalam bentuk perbuatan baik terhadap orang lain. 

Sementara menurut al-Maraghi, kata ar-Rahman dan ar-Rahim mengandung arti sebagai perasaan halus didalam hati yang mendorong seseorang untuk menyayangi orang lain. 

Kedua kata ini sama-sama berasal dari akar kata ar-Rahmah, yang apabila di hubungkan dengan sifat Allah Swt maksudnya adalah adanya pengayoman Alloh Swt. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update