Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

68 (Enam Puluh Delapan) Keagungan dengan Mencontoh Keprinadian Rasulullah Saw.

Sabtu, 11 November 2023 | November 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-12T08:01:55Z
mercusuar 867 - kalau kita membaca kehidupan Rasulullah Saw, banyak pristiwa yang memperlihatkan bagaimana Rasulullah Saw tetap mengutamakan akhlaknya yang dipuji kepada orang-orang yang begitu sengit memusuhinya, mencaci, menjelek-jelekkan  dan bahkan ingin membunuhnya. 

Salah-satuhnya, pristiwa Fathu Makkah, dalam beberapa literatur sejarah, disebutkan bahwa saat umat Islam kembali memasuki Makkah dengan jumlah yang begitu besar, banyak orang kafir Makkah yang begitu ketakutan. 

Mereka khawatir Rasulullah Saw dan para pengikutnya yang begitu banyak itu datang kembali ke Makkah untuk membalaskan dendamnya karena sebelumnya mereka sudah banyak berbuat jahat kepada Nabi Saw dan para sahabatnya. 

Namun, yang dilakukan oleh Radu Saw justru hal yang sebaliknya. Alih-alih membalaskan dendam, Rasulullah Saw malah menyay bahwa tidak ada balas dendam dan pertumpahan darah. 

Dalam pristiwa yang lain, Rasulullah Saw juga menunjukkan sikap yang begitu terpuji. Beliau memaafkan seorang Badui yang berteriak-teriak dan berkata-kata kasar di hadapannya. 

Bahkan perna terjadi seseorang menarik Surban beliau dengan kasar sampai meninggalkan sampai meninggalkan bekas di pundaknya. 

Menghadapi perlakuan itu, Rasulullah Saw bukannya marah, namun malah memerintahkan untuk memberi sedekah kepada orang tersebut. 

Bersambung..... 
×
Berita Terbaru Update