Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KH. Bisri Sansurie (1886-1980) Perjuangan Sepanjang Hayat Kiai Pecinta Fiqih

Kamis, 02 November 2023 | November 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-02T12:02:10Z
mercusuar 867 - Sosok ini dikenal sebagai pecinta Fiqih sepanjang hayat. Beliau ada Kiai Bisri Syansuri, pengasuh pesantren Denanyar, Jombang. Kiai Bisri Syansuri merupakan tipikal Ulama Fiqih yang rela berjuang untuk kemerdekaan Bangsa. 

Sosoknya menjadi inspirasi dan idola Gus Dur, yang juga merupakan cucu beliau. Gus Dur sering kali menggunakan cermin laku hidup Kiai Bisri untuk menganalisis masalah-masalah yang terjadi di tengah kehidupan. 

Kisah-kisah Kiai Bisri sering diungkapkan Gus Dur dalam beberapa kolomnya, yang segar mengurai isu sosial dengan kaidah-kaidah Fiqih. 

Siapakah Kiai Bisri Sansurie? Bagaimana murid Kiai Hasyim Asy'ari dan sahabat karib Kiai Wahab Chasbullah ini berjuang membela negara, mengabdi mengawal Nahdlatul Ulama. 

Kia Bisri Syansuri lahir di Tayu, Psti, pada 23 Agustus 1887/05 Dzulhijjah 1304 H. Beliau merupakan putra pasangan Kiai Syansuri dan siti Rahmah. Sejak kecil, Kiai Bisri memilki nama lahir Mustajab. 

Ia memiliki empat saudara: Mas'ud, Sumiyati, Muhdi dan Syafa'atun. Mustajab merupakan putra nomer tiga. 

Kedekatan Kiai Bisri Syansuri dengan Kiai Wahab chasbullah, merupaka kisah legendaris tentang persahabatan dan persaudaraan dua Kiai yang sering berbeda pendapat. 

Kiai Bisri mendasarkan pandangannya dengan menggunakan perspektif Fiqih, sedangkan Kiai Wahab menggunakan kaidah Ushul Fiqih untuk menganalisa masalah dan merumuskan solusi. 

Bersambung..... 

Sumber: Pahlawan Santri Tulang Punggung Pergerakan Nasional
By:Munawir Aziz
Foto: Dakwah Nu. Id
Penyadur:Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update