Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KH. Wahab Chasbullah (1888-1971) Komando Laskar Kiai Khos... 2 (Dua)

Jumat, 10 November 2023 | November 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-10T22:57:39Z
Kiprah Kebangsaan
mercusuar867 - Kiai Wahab Chasbullah merupakan tokoh penting dalam perjalanan kaum pesantren menegakkan Indonesia. 

Ia bersama Hadratus Syaikh Kiai Hasyim Asy'ari, menjadi garda depan dalam pembentukan jaringan pesantren pasca perang Jawa (1825-1830) yang dipimpin pangeran Diponegoro, yang menjadi jejaring lahirnya Nahdlatul Ulama. 

Kiai yang lahir pada 1888, di tambak Beras Jombang ini merupakan Santri tulen berjiwa aktifis, tidak pernah tinggal diam melihat wajah rakyat Indonesia yang terhimpit kuasa penjajah. 

Ia juga tidak rela melihat komunitas santri direndahkan oleh rezim Kolonial dan tradisi Feodal elite Priyayi negeri ini. Kiai Wahab Chasbullah menakhodai NU selepas wafatnya Hasyim Asy'ari, Pada 1947. 

Kiai Wahab Chasbullah memimpin NU hingga tahun 1971. Tentang waktu sekitar 23 tahun tentu saja menjadi perjalanan panjang Kiai Wahab Chasbullah memimpin NU, disamping kiprahnya pada usia muda. 

Kiai Wahab chasbullah mendirikan organisasi Nahdlatul Wathan pada 1916, untuk membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia. Selanjutnya dua tahun kemudian, pada 1918, ia bersama beberapa tokoh pergerakan Nasional, semisal, Dr Soetomo mendirikan Tasywirul Afkar (gerakan pemikiran), Untuk mengko dinamika pemikiran kebangsaan. 

Kemudian, untuk menopang pergerakan dan perjuangan kebangsaan, Kiai Wahab mendirikan Nahdlatul Tujjar pada 1918. Gerakan ini, dimaksud kan untuk mengokohkan pondasi ekonomi bagi gerakan-gerakan sosial kebangsaan yang diperjuangkan Kiai Wahab. 

Nahdlatul Tujjar dipimpin langsung oleh Kiai Hasyim Asy'ari, sedangkan Kiai Wahab sebagai sekretarisnya. Dengan demikian strategi gerakan Kiai Wahab tersa komplit dan seimbang. 

Ia membangun wawasan kebangsaan melalui Nahdlatul Wathan, dengan ditopang Tasywirul Afkar sebagai dinamika pemikiran. Selanjutnya, Nahdlatul Tujjar menjadi penggerak energi dan penopang basis ekonomi bagi gerakan sosial kebangsaan ini. 

Bersambung..... 


×
Berita Terbaru Update