Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

64 (Enam Puluh Empat) Unsur-unsur Komunikasi Dan Informasi

Jumat, 11 Oktober 2024 | Oktober 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-12T02:36:35Z

 

mercusuar867.com - Komunikasi Informasi: Menurut seorang Pakar Komunikasi, "Komunikasi adalah cara terbaik untuk menjelaskan dan menjawab elemen pertanyaan sebagai berikut : who (siapa komunikatornya), saya what (pesan apa yang di katakan), in which channel (media/saluran apa yang digunakan), to whom (Siapakah komunikannya), with what effect (efek apa yang diharapkan)."


Proses kegiatan komunikasi di atas dapat dijadikan sebagai penjelasan hubungannya dalam proses komunikasi dalam perspektif Islam. 


Karena itu, pakar komunikasi lainnya merinci sebagai berikut: who, saya what, in which channel, to whom, with what effect. 


Dalam konteks komunikasi memang terdapat banyak unsur yang terlibat karena komunikasi pasti melibatkan yang lain, bahkan menggunakan alat- alat. 


Dalam telaah ini siapa yang berkomunikasi tentu akan tampak pula sebagaimana disebut Al-Qur'an , mulai dari manusia pada manusia, manusia dengan "makhluk hidup lain", seperti pada binatang, semut pada an-Naml/27:18 dan burung Hudhud pada an-Naml) 27:20, bahkan sampai pada tumbuh-tumbuhan yang membaca tasbih pada Tuhan. Seperti pada al-Anbiya/27:79.


Atas dasar itu, maka telaah unsur-unsur komunikasi dapat di sederhanakan sebagai berikut:


a. Komunikator (Pengirim pesan) b. Konten pesan (isi pesan yang di kirim), c. Media (saluran pesan), d. Komunikan (penerima pesan), respon (balikan). 


Bersambung..... 


Kedinding Lor Surabaya, Sabtu - 12 - Oktober - 2024


Abdul Chalim CEO mercusuar867.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 



E C O S O C



U I P M



×
Berita Terbaru Update