Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

66 (Enam Puluh Enam) Unsur-unsur Komunikasi Dan Informasi

Rabu, 16 Oktober 2024 | Oktober 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-17T01:06:57Z

Rosul Sebagai Komunikator

mercusuar867.com - Komunikator: 1. Kepribadian Rosul. Nabi Muhammad sallahu alaihi wa sallam adalah komunikator yang menyampaikan wahyu Tuhan kepada umat manusia. 


Sebagai komunikator dan pembawa risalah, Rasulullah memiliki sifat-sifat utama, yaitu siddiq, Amanah, tabligh, dan Fatanah. 


Sifat-sifat ini di milki para Rasul lainnya karena sifat-sifat tersebut menimbulkan kredibilitas pembawa pesan bagi para komunikan atau orang yang menerimanya. 


Dalam buku dasar-dasar ilmu dakwah, di sebutkan tentang kepribadian yang harus di milki para dai, yakni dengan mempola kepribadian para Rasul dan Rasul Muhammad sebagai berikut:


"Kepribadian para Rasul sungguh amat tinggi dan mulia, Nabi Nuh amat gigih dan tabah dalam berdakwah; Nabi Ibrahim amat pemurah dan mujahadah taqrrub pada Allah; Nsbi Dawud terkenal amat menonjolkan rasa Syukur; Nabi Zakariya, Yahya, dan Isa adalah nabi-nabi yang selalu menghindari kenikmatan dunia; Nabi Yusuf terkenal dengan ketampanan dan sabar menghadapi cobaan; 


NabinYunus terkenal dengan doa-doanya yang khusu; Nabi Musa terkenal dengan ketegasannya dan pemberani; Nabi harun terkenal dengan sosok lemah lembutnya; dan Nabi Muhammad meneladani semua keistimewaan tersebut. 


Ini menunjukkan bahwa kemuliaan akhlak adalah keniscayaan bagi para da'i yang menjadi pelanjutnya. 


Rasulullah di nyatakan oleh Sayyidah 'A'isyah dengan sebutan, Khuluqul Qur'an. Karena itu, Rasulullah adalah personifikasi A l-Qur'an, sehingga bagi mereka yang ingin melaksanakan Al-Qur'an maka Rasulullah adalah modelnya. 


Bersambung..... 


Perumahan Mutiara Regency Sidoarjo, Kamis - 17 - Oktober - 2024

Abdul Chalim CEO nercusuar867.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C



U I P M



×
Berita Terbaru Update