Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

67 (Enam Puluh Tujuh) Unsur-unsur Komunikasi Dan Informasi

Jumat, 25 Oktober 2024 | Oktober 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-25T12:39:13Z

Rasul Sebagai Komunikator



mercusuar867.com - Kepribadian Rasul:  Dengan Sifat inilah mereka mampu menyampaikan risalah yang di tugaskan sesuai dengan yang di terima dari Allah subhanahu wa ta'alah. 


Namun demikian, walau hanya beberapa Rasul yang di sebutkan, tetapi itulah sifat-sifat Rasul secara keseluruhan, termasuk didalamnya sifat-sifat dan kepribadian Nabi Muhammad sallahhu 'alaihi wa sallam. Sifat-sifat ini pula yang seyogyanya dimiliki para muballigh dan da'i. 


Adapun ayat-ayat yang berkaitan dengan sifat-sifat Rasul sebagai berikut:


a. Siddiq


Kosa kata siddiq di maknai sebagai yang konsisten dalam kebenaran. Dalam Al-Qur'an banyak ayat yang berbicara dengan sifat ini. 


Menurut Ibnu Faris dalam Maqayisul lugah, "Siddiq berasal dari kata sadaqah kosa kata sadaqah tersusun dari sad dal qaf, yaitu suatu kata yang menunjukkan pada kekuatan dalam sesuatu, baik perkataan maupun lainnya."Kosa kata sidq adalah antonim kizb. 


Dikatakan sidq untuk sesuatu yang memiliki kekuatan pada dirinya sendiri, sementara Kizb, kedustaan tidak memiliki kekuatan dan karena itu batil. 


Ungkapan Syai'un sidqun,  yaitu Syai'un Sulbun  sesuatu yang kokoh, rumhu sidqin dimaknai "ujung tombak yang kuat."


Adapun ungkapan saddaqahun al qital diartikan memperkokoh perang itu. Karena itu, kosa kata as siddiq diartikan orang yang selalu konsisten (almulazim, terus menerus teguh) dalam kebenaran."


Bersambung..... 


Kedinding Lor Surabaya, Jumat - 25 - Oktober - 2024

Abdul Chalim CEO mercusuar867.com Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 

E C O S O C


U I P M

×
Berita Terbaru Update